KELASISWA

Kelas Online Untuk Siswa

HADIRKAN KEBAHAGIAAN DI DALAM KELAS
Peran seorang guru, sudah sepatutnya mengenal pribadi tiap anak didik di dalam kelasnya. Mulai dari pengenalan karakternya, perilakunya, dan kebutuhan akan tingkatan kognitifnya.

Di usia berapapun, anak adalah pribadi yang membutuhkan figur guru menyenangkan di kelasnya. Memberikan aura positif ketika ia tiba, dan selalu dinanti kedatangannya. Apakah Anda termasuk guru yang dinanti oleh anak didik Anda?

Kelas adalah kumpulan manusia-manusia berperasaan. Maka hadirkan kelas yang gembira, hadirkan pelajaran yang menarik minat mereka untuk mengeksplorasi potensi diri mereka melalui kegiatan belajar yang menyenangkan. 

Guru, Jangan takut untuk berubah! buat tiap kali pertemuan ada strategi ajar yang berbeda-beda. Buat mereka seolah tidak belajar, namun sejatinya belajar. Gali potensi anak didik kita dengan memainkan sebuah diskusi dan kolaborasi dengan rekan teman satu kelasnya.

Tuntun dan berikan permasalahan-permasalahan nyata yang ada di sekitar lingkungannya. Dorong anak didik kita untuk mengidentifikasi setiap permasalahan yang ada, lalu bimbinglah mereka untuk mencari dan menggali rumusan yang menarik untuk dikaji.

Kegiatan pembelajaran diatas adalah salah satu dari banyak ragam strategi pembelajaran yang bisa guru pergunakan di kelas. Namun, adalah pasti jika kelas membutuhkan guru yang menghadirkan kebahagiaan.

Langkah sederhana yang dilakukan adalah tersenyum, dan tertawa, buat mereka merasa dekat dengan kita. Buat seolah hadirnya kita, adalah teman bagi mereka. Buat seolah kita berada di kelas, bukan untuk menghakimi, namun hadir sebagai orangtua yang memberikan kasih sayang.

Kualitas belajar dalam kelas, sesungguhnya tidak dimulai dari rumusan strategi pembelajaran yang apik, namun kualitas dari guru yang berada di kelas. Sebagai model nyata, guru sudah seharusnya mencerminkan kebutuhan akan belajar mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar